Sidang Tesis S2 Teknologi Pendidikan UMJ; Pengembangan Model Sebagai Solusi Peningkatan Kualitas Pembelajaran

Serangkaian sidang tesis dilaksanakan Program Studi S2 Magister Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta (SPs UMJ), Rabu, 20/11. Nurjannah, mahasiswa S2 TP memaparkan tesis yang berjudul “Pengembangan Model Pendampingan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah 4 (ARKAS 4) di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Kota Depok”.

Nurjannah melakukan penelitian di satuan pendidikan anak usia dini kota Depok. Sidang tesis dipimpin oleh Dr. Ahmad Suryadi, M.Pd sekaligus sebagai Kaprodi S2 TP, dan berangggotakan Dr. Zulfitria, M.Pd selaku penguji I, Dr. Happy Indira Dewi, M.T selaku penguji II serta Dr. Widia Winata, M.Pd selaku pembimbing.

Pengembangan model pendampingan merupakan upaya penting untuk meningkatkan kualitas dukungan terhadap individu atau kelompok dalam mencapai tujuan tertentu. Dalam konteks pendidikan, model pendampingan aplikasi rencana kegiatan  dirancang untuk membantu mempermudah rencana kegiatan dan anggaran sekolah.

Sidang tesis berikutnya Robi Maulana mempresentasikan dan mempertahankan penelitian tesisnya yang berjudul “Pengembangan Learning Content Management System Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian di Universitas Pamulang”.

Dewan penguji sidang terdiri dari: Dr. Ahmad Suryadi, M.Pd selaku pimpinan sidang, sekaligus sebagai Kaprodi S2 TP, Dr. Happy Indira Dewi, M.T selaku penguji I, Dr. Zulfitria, M.Pd selaku penguji II, Prof. Dr. Agus Suradika, M.Pd dan Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd sebagai pembimbing I dan II.

Para penguji mempertanyakan learning content management system seperti apa yang sudah diimplementasikan dalam penelitian tersebut, sebagaimana masukan penguji untuk memperjelas content management system berbasis moodle yang dimaksudkan di dalam penelitian.

Setelah jeda istirahat siang, sidang tesis kembali dilanjutkan. Mahasiswa TP, Wirdamayanti menyampaikan tesis yang berjudul “Pengembangan Model Ecoliterasy Berbasis Project Based Learning untuk Program Keaksaraan pada Anak Usia 5-6 Tahun”

Dewan penguji sidang dipimpin oleh Dr. Ahmad Suryadi, M.Pd sekaligus sebagai Kaprodi S2 TP, Hadir sebagai Dewan Penguji Dr. Happy Indira Dewi, M.T sebagai penguji I, Dr. R. Andi Ahmad Gunadi, M.Pd sebagai penguji II, Dr. Zulfitria, M.Pd dan Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd sebagai pembimbing I dan II.

Masukan-masukan konstruktif dari para penguji beragam dari sejak mempertajam konsep pengembangan model ecoliterasy untuk program keaksaraan pada anak usia 5-6 Tahun.