SPs Melantik Doktor ke-52 dan 53 Manajemen Pendidikan Islam

Senin 11/12 Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta menggelar sidang terbuka promosi doktor  Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Rony Edward Utama, mahasiswa MPI memaparkan disertasi yang berjudul “Kepemimpinan Strategis dalam Pengembangan Pesantren (Studi pada Pesantren AL-Qur’an Nur Medina Tangerang Selatan)”. Adapun dewan penguji terdiri dariProf. Dr. Masyitoh, M.Ag, ketua sidang, Prof. Dr. Dede Rosyada, MA, sebagai promotor, Prof. Dr. Andry Priharta, MM sebagai co. promotor, Prof. Dr. Masri Mansoer, M.Ag sebagai penguji tamu dari UIN Jakarta, serta Prof. Dr. Suhendar Sulaeman, MS, Prof. Dr. Iswan, M.Si dan Dr. Saiful Bahri, Lc., MA sebagai penguji internal dosen UMJ


Sidang berlangsung secara terbuka selama dua jam lebih bertempat bertempat di Auditorium dr. Syafri Guricci Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) UMJ.

Seluruh penguji baik penguji internal maupun tamu memberikan masukan-masukan membangun, guna menghasilkan karya disertasi yang baik, diakhir rangkaian sidang terbuka selaku promotor Prof. Dr. Dede Rosyada, MA mengatakan, secara konten dan substansi penelitian sangat brilian tetapi perlu ada perbaikan teknis dari sisi penulisan seperti sitasi dan penulisan rujukan.

Setelah jeda siang dan istirahat SPs UMJ kembali melaksanakan ujian promosi terbuka. Kali ini, Eti Suyanti yang mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul “Implementasi Hidden Curriculum Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMK Negeri 57 Jakarta”. Adapun dewan penguji terdiri dariProf. Dr. Masyitoh, M.Ag, sebagai ketua sidang, Prof. Dr. Ahmad Sutarmadi, Prof. Dr. Agus Suradika sebagai promotor, Prof. Dr. Iswan, M.Si, Prof. Dr. Rusmin Tumanggor, MA sebagai penguji tamu dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. Muhbib, M.Pd serta Dr. Saiful Bahri, Lc., MA.

Suyanti melakukan penelitian di lingkungan Sekolah di SMK Negeri 57 Jakarta. Penelitian cukup menarik tentang Implementasi Hidden Curriculum sepertinya temuan diantaranya Implementasi Hidden Curriculum pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam  dilakukan melalui aspek (1) Pembiasaan, (2) Keteladanan, (3) Pembinaan (4) Ibadah (5) ekstrakulikuler dan (6) program pengembangan sekolah. Pembinaan  keputrian yang dilakukan pendampingan oleh Pendidik dan tenaga kependidikan, Ibadah melalui kegiatan Shalat, nilai-nilai karakter dari pengembangan sekolah Menanamkan karakter toleransi dan menumbuhkan empati melalui kolaborasi antara OSIS, Rohis, Rohkris yang dibimbing oleh pendidik

Mempertimbangkan proses dan hasil penelitian yang memuaskan, para penguji sidang sepakat memutuskan Rony Edward Utama dan Eti Suyanti berhak atas gelar Doktor ke 52 dan 53 di bidang Doktor Manejemen Pendidikan Islam.