Sekolah Pascasarjana UMJ Melibatkan Para Pakar dalam Menguji Riset Disertasi dan Tesis Mahasiswa

Kamis 30/11 Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta menggelar sidang tertutup disertasi Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Suryan Widati, mahasiswa MPI memaparkan disertasi yang berjudul “Manajemen Aset Pendidikan Islam dalam Perspektif Kepemimpinan Berkelanjutan  (Studi Fenomenologi pada Yayasan Al Quran Lima Benua)”. Adapun dewan penguji terdiri dari, Prof. Dr. Masyitoh, M.Ag, ketua sidang serta sebagai promotor, Prof. Dr. Herwina Bahar, Prof. Dr. Dadang Kahmad, M.Si sebagai penguji tamu dari UIN Bandung, Prof. Dr. Koesmawan sebagai penguji dari ITB-AD, Prof. Abdul Gofur, MM sebagai co.promotor,  Dr. Andry Priharta, MM, serta Dr. Saiful Bahri, Lc., MA sebagai penguji internal dosen UMJ

Sidang berlangsung secara tertutup selama kurang lebih dua jam bertempat di lantai 2 Sekolah Pascasarjana UMJ. Prof. Dr. Dadang Kahmad, M.Si sebagai penguji tamu mempertanyakan arah disertasi serta memberi gambaran Manajemen Aset Pendidikan Islam yang diteliti oleh promovendus seperti apa dan bagaimana, apakah arah Manajemen Aset Pendidikan tentang pemahaman literasi dalam kajian tentang kepemimpinan di pesantren.

Seluruh penguji baik penguji internal maupun tamu memberikan masukan-masukan membangun, guna menghasilkan karya disertasi yang berkualitas, diakhir rangkaian sidang tertutup selaku promotor Prof. Dr. Masyitoh memberikan penguatan-penguatan tentang apa yang telah disampaikan promovendus kepada para penguji, guna mempertajam dan menguatkan apa yang promovendus teliti dalam disertasi.

Sidang tertutup kembali dilanjutkan selepas istirahat makan siang. Mohamad Lutfi mempresentasikan hasil disertasinya yang berjudul “Peran Motivasi Kerja Sebagai Mediasi Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Dosen di Era Disrupsi (Studi Kasus PTMA Wilayah Jakarta Dan Banten).

Hadir dewan penguji Prof. Dr. Masyitoh, M.Ag, ketua sidang, Prof. Dr. Herwina Bahar, Prof. Dr. Dadang Kahmad, M.Si sebagai penguji tamu dari UIN Bandung, Prof. Dr. Koesmawan sebagai penguji dari ITB-AD serta sebagai promotor, Prof. Abdul Gofur, MM, Dr. Zainal Arif, M.Ag., Dr. Andry Priharta, MM sebagai co.promotor, serta Dr. Saiful Bahri, Lc., MA sebagai penguji internal dosen UMJ .

Masukan-masukan konstruktif dari para penguji beragam dari sejak mempertajam peran motivasi kerja sebagai mediasi pengaruh lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja dosen di era disrupsi yang perlu diperjelas. Alasan-alasan yang argumentatif dan akademik dari peneliti sangat dinanti pada tahap ujian terbuka.

Sidang tesis S2 Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana (SPS) UMJ sukses digelar secara online . dengan, mempertahankan hasil penelitiannya dalam sidang tesis yang berjudul “Pengembangan Media Belajar dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Keterampilan Atletik Nomor Lempar pada Mata Pelajaran Penjas di SMA”.

Uswadi melakukan penelitian di lingkungan Sekolah SMAN 1 Kota Tangerang Selatan. Sidang tesis dipimpin oleh Dr. Ahmad Suryadi, M.Pd sebagai Kaprodi S2 TP sekaligus pembimbing I, Dr. Taufik Yudi Mulyanto sebagai penguji utama, Dr. Doby Putro Parlindungan M.Pd, sebagai pembimbing II, serta Dr. Andi Gunadi, M.Pd sebagai penguji utama.

Sidang kedua tesis menampilkan Achmad Bilqis Salsabila S. Safa yang mempresentasikan dan mempertahankan tesisnya dengan judul “Pengembangan Strategi Pembelajaran Mandiri Melalui Media KVISOFT FLIPBOOK MAKER Keterampilan Bahasa Inggris di SMA “. Dewan penguji sidang terdiri dari: Dr. Ahmad Suryadi, M.Pd sebagai pimpinan sidang sekaligus sebagai Kaprodi S2 TP, kemudian Dr. R. Andi Ahmad Gunadi, M.Pd sebagai penguji senat, Dr. Mutiarani, M.Pd sebagai penguji utama, Dr. Widia Winata, M.Pd sebagai pembimbing I serta Dr. Ansharullah M.Ag sebagai pembimbing II.

Penelitian yang memanfaatkan suatu Strategi Pembelajaran Mandiri Melalui Media KVISOFT FLIPBOOK MAKER di SMA ini guna untuk mempermudah proses kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut, masukan serta saran dari para penguji menambah wawasan tentang isi dari tesis tersebut.