Riset Mahasiswa MPI tentang Manajemen dan Kurikulum dari TK Sampai Politeknik

Jumat 11/10  Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta menggelar sidang tertutup disertasi Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Nurul Maharani Piranti, mahasiswa MPI memaparkan disertasi yang berjudul “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Moral dan Integritas pada Taruna Politeknik Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM”. Adapun dewan penguji terdiri dariProf. Dr. Masyitoh, M.Ag, ketua sidang / Promotor, Prof. Dr. Herwina Bahar, MA, sebagai co.promotor, Prof. Dr. Uwes Sanusi, M.Pd, Prof. Dr. Sutarmadi, Prof. Dr. Armai Arief, M.A sebagai peguji tamu dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, serta Dr. Saiful Bahri, Lc., MA.

Sidang berlangsung secara tertutup selama dua jam lebih bertempat di lantai 2 Sekolah Pascasarjana UMJ. Prof. Dr. Uwes Sanusi, M.Pd berkesempatan menguji pertama mempertanyakan tentang dasar-dasar yaitu  perbedaan Manajemen Pembelajarandan manajemen pendidikan, serta saran dan masukan yang diberikan dari penguji untuk promovendus ialah dengan memperkaya kutipan dengan menambahkan dari berbagai literasi supaya menambah khazanah literasi dalam kajian tentang Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terutama yang terkait dengan Penguatan Moral dan Integritas seperti yang ditulis.

Berikutnya SPs UMJ kembali sidang tertutup disertasi. Kali ini, Eti Suyanti, yang mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul “Implementasi Hidden Curriculum Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMK Negeri 57 Jakarta”. Adapun dewan penguji terdiri dariProf. Dr. Masyitoh, M.Ag, sebagai ketua sidang, Prof. Dr. Ahmad Sutarmadi, Prof. Dr. Agus Suradika sebagai promotor, Prof. Dr. Iswan, M.Si, Prof. Dr. Rusmin Tumanggor, MA sebagai penguji tamu dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. Muhbib, M.Pd serta Dr. Saiful Bahri, Lc., MA.

Suyanti melakukan penelitian di lingkungan Sekolah di SMK Negeri 57 Jakarta. Penelitian cukup menarik tentang Implementasi Hidden Curriculum sepertinya temuan diantaranya Implementasi Hidden Curriculum pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam  dilakukan melalui aspek (1) Pembiasaan, (2) Keteladanan, (3) Pembinaan (4) Ibadah (5) ekstrakulikuler dan (6) program pengembangan sekolah. Pembinaan  keputrian yang dilakukan pendampingan oleh Pendidik dan tenaga kependidikan, Ibadah melalui kegiatan Shalat, nilai-nilai karakter dari pengembangan sekolah Menanamkan karakter toleransi dan menumbuhkan empati melalui kolaborasi antara OSIS, Rohis, Rohkris yang dibimbing oleh pendidik

Sidang seminar hasil disertasi mahasiswa MPI, Nursalim menyampaikan seminar hasil disertasinya yang berjudul “Pengaruh Sertifikasi, Kompetensi dan Pendidikan terhadap Disiplin dan Motivasi Kerja Dampaknya terhadap Kinerja Kepala Sekolah Taman Kanak-Kanak (Studi Kasus di Taman Kanak-Kanak Islam se-Kota Serang)”.

Hadir sebagai Dewan Penguji: Dr. Saiful Bahri, Lc, M.A sebagai ketua sidang, Prof, Dr. Abdul Gofur, MM sebagai promoortr, Prof. Dr. Herwina Bahar, MA sebagai co.promotor, Prof. Dr. Abdul A Ghani, M.Pd dan Dr. Oneng Nurul Bariyah, M.Ag.

Masukan-masukan konstruktif dari para penguji beragam dari sejak mempertajam konsep Sertifikasi, Kompetensi dan Pendidikan terhadap Disiplin dan Motivasi Kerja  yang perlu diperjelas. Alasan-alasan yang argumentatif dan akademik dari peneliti sangat dinanti pada tahap berikutnya.