Sidang Tesis Mahasiswa S2 Teknologi Pendidikan SPs-UMJ

Serangkaian sidang tesis dilaksanakan Program Studi S2 Magister Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana (SPs) UMJ. Rabu, 20/7 Ai Siti Hindun, selaku mahasiswa memaparkan produk Virtual Reality dalam sidang tesis yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Inovatif untuk Praktik Ibadah Haji Dengan Teknologi Virtual Reality”.

Hindun melakukan penelitian di SMK Muhammadiyah Cianjur. Sidang tesis dipimpin oleh Dr. Ahmad Suryadi, M.Pd sekaligus sebagai Kaprodi S2 TP, dan berangggotakan Prof. Dr. Masyitoh, M.Ag sebagai penguji senat, Dr. Zulfitria, M.Pd  sebagai penguji utama. Serta Dr. Happy Indira Dewi, M.T selaku pembimbing  I dan Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd pembimbing II.

Penelitian yang relevan dengan dunia Pendidikan menggabungkan unsur virtual realitiy dalam pembelajaran yang menyongsong Era Society 5.0. Diskursus tentang Virtual Reality menjadi salah satu poin penting yang didiskusikan oleh para penguji, terutama jika dilakukan penelitian dan kaitannya dengan pembelajaran haji secara virtual di SMK Muhamadiyah Cianjur.

Sidang tesis kedua kembali menampilkan Dini Aulia Dewi yang mempresentasikan dan mempertahankan penelitiannya dengan judul “Eksternalitas Implementasi Model Pembelajaran Kreatif pada Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar Negeri”.

Dewan penguji sidang terdiri dari: Dr. Ahmad Suryadi, M.Pd sebagai pimpinan sidang, penguji senat sekaligus sebagai Kaprodi S2 TP, kemudian Dr. Rabiatul Adawiyah, M.Pd sebagai penguji utama serta Dr. Happy Indira Dewi, M.T sebagai pembimbing I dan Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd sebagai pembimbing II.

Para penguji mempertanyakan kurikulum merdeka apakah sudah tepat untuk diimplementasikan di Sekolah Dasar tersebut. Sebagaimana, masukan penguji untuk memperjelas implementasi kurikulum merdeka yang dimaksudkan di dalam penelitian.

Setelah jeda istirahat siang, sidang tesis kembali dilanjutkan. Mahasiswa TP, Agung Satrio menyampaikan tesisnya yang berjudul “Strategi Pembelajaran Penjas Dalam Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa di Masa New Normal Covid-19” Sidang dipimpin oleh Dr. Ahmad Suryadi, M.Pd sekaligus sebagai Kaprodi S2 TP, Hadir sebagai Dewan Penguji: Dr. Happy Indira Dewi, M.T  sebagai penguji utama, Prof. Dr. Agus Suradika, M.Pd sebagai penguji senat, serta hadir para pembimbing I dan II Dr. R. Andi Ahmad Gunadi, M.Pd dan Dr. Doby Putro Parlindungan, M.Pd., AIFO.

Masukan-masukan konstruktif dari para penguji beragam dari sejak mempertajam konsep pembelajaran penjas dalam meningkatkan kebugaran jasmani di masa new normal covid 19 yang perlu diperjelas lini masa perkembangan hingga sekarang.

Kartika menjadi mahasiswa yang mendapat kesempatan terakhir dalam mempresentasikan tesisnya yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Melaui Aplikasi Webtoon Pada Mata Pelajaran IPAS Untuk Siswa Kelas 4 di SDN Cempaka Putih 02″.

Sidang dipimpin oleh Dr. Ahmad Suryadi, M.Pd sekaligus sebagai menjadi pembimbing I dan Kaprodi S2 TP, Dr. R. Andi Ahmad Gunadi, M.Pd sebagai penguji utama, Dr. M. Guntur Alting, M.Pd sebagai penguji senat, serta pembing II Dr. Widia Winata, M.Pd hadir secara virtual.

Masukan-masukan dari para penguji menambah serta memperkuat rumusan masalah yang terdapat dalam penelitian tersebut. Uniknya dalam penelitian yang disampaikan oleh peneliti yaitu pengembangan aplikasi komik digital melalui aplikasi webtoon menambah minat baca peserta didik dalam proses pembelajaran dikuatkan juga oleh peneliti dengan hasil penelitian dan dokumentasi lapangan dihadapan para penguji sidang tesis.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *