SPs UMJ Gelar Kuliah Umum dengan Tema “Penguatan Lembaga Pendidikan Berdaya Saing Global Melalui Reformasi Teknologi”

Jakarta, 27 September 2024 – Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta (SPs UMJ) menyelenggarakan Kuliah Umum sebagai penanda dimulainya pembelajaran pada tahun akademik 2024-2025. Tema yang diangkat adalah “Penguatan Lembaga Pendidikan Berdaya Saing Global Melalui Reformasi Teknologi”.

Acara ini dihadiri oleh Prof. Dr. Herwina Bahar, M.A; Direktur Sekolah Pascasarjana, Dr. Saiful Bahri Lc., M.A; Kaprodi S3 MPI dan Dr. Ahmad Suryadi, M.Pd; Kaprodi S2 TP, para dosen, serta tenaga kependidikan dan mahasiswa.

Kuliah Umum (Studium Generale) ini diadakan untuk menyambut mahasiswa baru Sekolah Pascasarjana UMJ. Tujuan utamanya ialah penyambutan sekaligus memberikan semangat serta motivasi kepada para mahasiswa baru, selanjutnya sebagai bentuk gambaran kegiatan akademik khususnya di Sekolah Pascasarjana yang akan mahasiswa baru jalani.

Sambutan Direktur SPs UMJ, Prof. Dr. Herwina Bahar, M.A, berisi penguatan tentang bagaimana lulusan suatu perguruan tinggi dapat bertransformasi dalam dunia pendidikan serta dapat memperkuat keilmuan. “Selamat datang saya ucapkan kepada seluruh mahasiswa baru di lingkungan SPs UMJ kita tercinta, Anda semua adalah bagian dari keluarga besar universitas ini, yang merupakan rumah bagi inovasi, kreativitas, dan pengembangan diri,” ungkap Herwina.

Prof. Dr. Dede Rosyada, M.A menjadi narasumber pada kegiatan ini, Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta periode 2015–2019 ini memberikan penjelasan tentang “Penguatan Lembaga Pendidikan” di hadapan seluruh peserta. Selain itu pengalaman sebagai rektor, konsultan pendidikan, dosen terbang di berbagai perguruan tinggi internasional di berbagai negara diberikan pada seluruh peserta untuk dapat menambah wawasan serta motivasi untuk lebih meningkatan ketekunan dalam pembelajaran dan meningkatkan etos diri serta menambah wawasan literasi di berbagai bidang.

Acara Studium Generale berlangsung secara hybrid dengan lancar dan penuh antusiasme dari para peserta. Semangat yang menyala di awal perkuliahan pertanda baik bagi para mahasiswa Sekolah Pascasarjana UMJ, untuk nantinya banyak berinteraksi dengan para dosen dan akademisi yang hebat yang memfasilitasi trnasformasi ilmu dan pengalaman. Harapannya mampu dijadikan motivasi selesai studi tepat waktu serta mampu terserap kemanfaatannya sebagai alumni yang mencerahkan dan berkontribusi bagi kehidupan bangsa dan mencerahkan semesta.